Jumat, 09 Januari 2015

Jajaran Staf Beberapa Toko Waralaba di Indonesia

     Di jaman yang modern seperti sekarang ini tentunya kita sudah tidak asing lagi  dengan toko-toko Retail Store waralaba seperti toko Indomaret, Alfamart, Ceriamart, dan masih banyak lagi Retail Store dengan status waralaba yang majang di daerah Anda. Dan sudah pasti setiap toko baik Retail Store waralaba ataupun kios mempunyai pegawai untuk menjalankan toko tersebut. Untuk itu, pada posting kali ini kami akan memberikan informasi mengenai jajaran staf yang umumnya di pakai di Retail Store waralaba di Indonesia. Tetapi, di sini kami hanya memberikan informasi mengenai jajaran staf di Toko Indomaret dan Alfamart.
Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca khususnya untuk para pelamar yang akan melamar kerja menjadi karyawan di Toko Indomaret.
   
Berikut ini adalah susunan staf di toko Indomart dimulai dari yang paling bawah:
      
1. Pramuniaga
Tugas pramuniaga identik dengan kebersihan, seperti menyapu, mengepel, dan merapikan barang dagangan baik di gudang ataupun di rak.
      

2. Kasir
   Kalau yang ini tidak perlu diperjelas, sudah tentu yang namanya kasir urusannya dengan mengurus keluar masuknya uang, seperti menerima pembayaran dari konsumen.


3.   Merchandiser (MD)
   Biasanya MD bertugas untuk mendata dan memerikasa barang yang masuk dan keluar, seperti mendata jumlah barang ketika ada kiriman dari pusat (PT. Indomaret).

4.   Asisten Kepala Toko
   Yang namanya asisten sudah tentu tugasnya adalah membantu pekerjaan atasan. Asisten di sini tugasnya yaitu membantu Kepala Toko untuk mengurus administrasi, jadwal, penilaian karyawan, membuat laporan harian, dan masih banyak lagi.

5.  Kepala Toko
   Tugas kepala Toko tidak jauh beda dengan asisten, hanya saja kepala toko bisa leluasa membuat perintah. Kepala Toko bertanggung jawab penuh atas kinerja dan karier karyawan.

Nah, itulah informasi yang dapat kami berikan, kurang lebihnya mohon maaf. Keritik dan saran yang membangun dari pembaca sangat bermanfaat bagi nubi seperti kami. Semoga bermanfaat

Penulis
Daniel

Editor
Ilham

Narasumber
Adi Suryana
Comments
1 Comments

1 komentar:

Terima Kasih Atas kritik dan Sarannya