Jumat, 09 Januari 2015

Contoh Resensi Buku




RESENSI BUKU 

                     Judul Buku                  :Kataberkata “Coretan Kata Sarjana di Tepian Baskom”
                     Pengarang                   :Wildan Fauzi Mubarock
                     Penerbit                       :Kopi Sastra Self Publising dan WR Media
                     Tahun Terbit                :2013
                     Tempat Terbit              :Bogor
                     Tebal Buku                  :Panjang 20 Cm, Lebar 1 Cm
                     Tebal Halaman            : 92 Halaman
A.    ISI BUKU
      Buku ini adalah buku yang bertemakan kehidupan yang dikhusukan untuk membawa pembacanya sadar akan arti sebuah kehidupan. Di dalam buku  ini dikisahkan perjalanan hidup mahasiswa dari kampung Babakan. Dengan penuh kesabaran dalam  menghadapi segala cobaan dan rintangan, akhirnya dia berhasil membanggakan kedua orang tuanya dan meraih salah satu  mimpinya, yaitu menjadi seorang sarjana. Dia juga menjadi dosen di Universitas ternama di Bogor, tempat dulu dia belajar.
Buku ini menghadirkan konflik-konflik yang sering kita temuai dikehidupan sehari-hari, yang disuguhkan dengan rangkaian kata-kata yang penuh dengan arti. Setelah menjadi seorang sarjana dan dosen, ternyata masih belum cukup membuatnya bahagia. Walaupun hanya dia satu-satunya sarjana di kampung Babakan, para tetangga masih membanding-bandingkan dia yang lulusan Perguruan Tinggi dengan upah dibawah rata-rata, dengan teman-temannya yang lulusan SMA dengan upah 2 juta perbulan. Menyakitkan memang, tetapi, walaupun demikian dia tetap berpikir positif dan tetap tegar dengan prinsipnya. Dia ingin merubah pemikiran warga kampung Babakan, agar tidak hanya melihat dari apa yang dimiliki.
Dikisahkan juga konflik Selama dia menjadi dosen di Universitas tempat dia mengajar. Dia melihat bagaimana seorang panutan yang bersorban dan berpeci, menjadikan kegiatan pembelajaran sebagai ladang.
Dengan banyak pertimbangan, mulai dari dukungan dari istrinya dan  mengorbankan uang belanja, sampai dari bujukan rekan kerja, dia akhirnya melanjutkan studinya. Sosok karakter “dia” banyak tersandung tapi tidak pernah terjatuh, patut kita contoh. 

B.         KEUNGGULAN ISI BUKU
       Buku ini berisi tentang kisah nyata perjalanan seorang mahasiswa yang disajikan dengan rangkaian kata-kata indah penuh dengan makna, sehingga pembaca tidak merasakan jenuh saat sedang membaca buku ini. Hal inilah yang menjadikan buku ini berbeda dengan buku-buku lain.
     C.       KELEMAHAN ISI BUKU 
  1. Terlalu padat dengan makna. Sehingga, para pembaca yang awam tidak bisa menangkap isi buku ini.Terkesan seperti curhat.

D.          SARAN
        Sebaiknya diberikan sinopsis yang lebih spesifik lagi, maksudnya diberikan penjelasan atas maksud dari penulis. Karena. Kata-kata dalam buku “Kataberkata” ini sangat penuh dengan makna.
Catatan:
1.      Harus memakai Cover dan disesuaikan dengan instansi (untuk tugas dari sekolah ataupun tugas kuliah)
2.      Sebelum anda membuat resensi buku, diharuskan anda memahami isi buku yang akan anda buat menjadi sebuah resensi.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Terima Kasih Atas kritik dan Sarannya